Viebeke Lengkong Nilai Generasi Milenial Peduli Lingkungan Hanya Kesenangan Bukan Kesadaran

Bagi Viebeke Lengkong, aktivis lingkungan dan sosial di Bali sejak tahun 1970-an, anak muda atau generasi millenial sangat berperan dalam lingkungan

Viebeke Lengkong Nilai Generasi Milenial Peduli Lingkungan Hanya Kesenangan Bukan Kesadaran
Noviana Windri Rahmawati
Viebeke Lengkong saat ditemui Tribunwiki Bali beberapa waktu lalu 

TRIBUNNEWSWIKI, BALI - Anak muda zaman sekarang atau generasi milenial juga sangat berpengaruh membawa perubahan.

Bagi Viebeke Lengkong, aktivis lingkungan dan sosial di Bali sejak tahun 1970-an, anak muda atau generasi millenial sangat berperan dalam perubahan lingkungan tergantung pada pendidikan dan kebiasaan di dalam keluarga.

"Banyak anak-anak muda tidak peduli. Mereka fashion show menggunakan sampah plastik itu hanya sekadar perayaan saja dan pencitraan saja. Tetapi di dalan kenyataan kehidupan, kalau memang dilakukam oleh anak muda zaman sekarang itu kita pasti sudah tidak ada sampah plastik," ungkapnya.

Lebih lanjut, pihaknya menilai selain hanya untuk pencitraan, anak muda zaman sekarang mengaku peduli lingkungan hanya wacana tanpa diimbangi dengan tindakan.

Dikenal Sebagai Aktivis Galak dan Mencak-mencak, Viebeke Lengkong Bersyukur Pendapatnya Didengar

"Hitung saja di Bali berapa banyak anak muda. Lakukan sesuatu dengan program, tetapi lakukan dengan teliti selama 2 jam saja setiap hari untuk membersihkan sampah-sampah, dalam 6 bulan dijamin Bali pasti bersih banget loh," kata Viebeke Lengkong

"Ada gerakan-gerakan bersih pantai, tidak berlangsung lama, dan tidak dilakukan berkelanjutan. Itu sebenarnya upaya yang bagus. It's ok. Tetapi kalau kenyataannya semua anak muda peduli, Bali itu pasti bersih," lanjut Viebeke. 

Kisah Viebeke Lengkong Berhasil Jadi Perempuan Pembawa Perubahan di Bali

Selain itu, kebiasaan anak muda yang selalu mengabadikan dan membagikan di media sosial apapun yang berhubungan dengan lingkungan hanya sebatas kesenangan bukan karena kesadaran.

"Selain dilakukan secara terus menerus, harus di-support oleh lembaga-lembaga pemerintahan, lembaga bisnis, hotel-hotel, villa dan stakeholder lainnya," pungkasnya.

(TribunnewsWiki/Noviana Windri)

Ikuti kami di
Penulis: Noviana Windri Rahmawati
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved