Rayakan Hari Hindi Dunia di Bali, Kompetisi Bahasa Hindi Digelar

Konsulat Jenderal India, Bali, bekerjasama dengan Pusat Kebudayaan Swami Vivekananda, Bali merayakan Hari Hindi Dunia (Vishwa Hindi Divas).

Rayakan Hari Hindi Dunia di Bali, Kompetisi Bahasa Hindi Digelar
Noviana Windri
Perayaan Hari Hindi Dunia (Vishwa Hindi Divas) di di Swami Vivekananda Cultural Centre, Bali, Jumat (10/1/2020) 

TRIBUNNEWSWIKI, BALI - Konsulat Jenderal India, Bali, bekerjasama dengan Pusat Kebudayaan Swami Vivekananda, Bali merayakan Hari Hindi Dunia (Vishwa Hindi Divas).

Pada tahun 2006, pemerintah India secara resmi menyatakan 10 Januari sebagai Hari Hindi Dunia.

Acara ini dirayakan oleh pemerintah India di seluruh dunia untuk mempromosikan bahasa Hindi di Swami Vivekananda Cultural Centre, Bali, Jumat (10/1/2020).

Perayaan Hari Hindi Dunia diawali dengan sambutan dari Konsulat Jenderal Shri Prakash Chand.

Direktur Pusat Kebudayaan India, Shri Manohar Puri menjelaskan bahwa Hari Hindi Dunia sama halnya seperti merayakan Hari Yoga Sedunia atau Hari Lingkungan Hidup.

Konsulat Jenderal India, Bali, bekerjasama dengan Pusat Kebudayaan Swami Vivekananda, Bali merayakan Hari Hindi Dunia (Vishwa Hindi Divas).
Konsulat Jenderal India, Bali, bekerjasama dengan Pusat Kebudayaan Swami Vivekananda, Bali merayakan Hari Hindi Dunia (Vishwa Hindi Divas). (Noviana Windri)

Hari Hindi Dunia sendiri lebih menekankan untuk tetap perduli dan selalu mengingat dengan Negara asalnya, India sebagai mother country.

“Hari Hindi Dunia begitu penting karena adanya permintaan dari para diaspora India yang menetap di luar negeri untuk tetap perduli dan selalu mengingat dengan Negara asalnya, India sebagai mother country,” jelasnya.

Perayaan Hari Hindi Dunia di Bali diisi dengan kegiatan kompetisi dalam bahasa Hindi yaitu Dikte bahasa Hindi, kompetisi lagu grup Hindi, dan kompetisi lagu Solo Hindi untuk di bawah 14 tahun dan di atas 14 tahun.

Piala, buku Hindi, literatur Hindi dan sertifikat yang dibagikan kepada peserta dan pemenang.

Perayaan Hari Hindi Dunia di Bali juga meriahkan oleh keikutsertaan masyarakat Bali sebagai peserta kompetisi.

“Kami berharap untuk selalu bisa merayakan Vishwa Hindi Divas yang digelar 2 kali dalam setahun, yaitu bulan Januari dan September.

Karena Vishwa Hindi Divas untuk menyadarkan orang-orang untuk tetap berkontribusi meski tidak tinggal di India,” harapnya.

Selain merayakan Hari Hindi Dunia juga secara bersama dirayakan Pravasi Bharatiya divas (PBD) ke-16.

(TRIBUNNEWSWIKI/NOVIANA WINDRI)

Ikuti kami di
Penulis: Noviana Windri Rahmawati
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved