Yan Palapa Gelar Malam Apresiasi Bertajuk ‘Candra Metu’ untuk Ni Ketut Arini

Fotografer Yan Palapa menggagas acara malam apresiasi sekaligus peluncuran buku foto ‘Candra Metu’ sebagai bentuk penghargaan kepada sang maestro tari

Yan Palapa Gelar  Malam Apresiasi Bertajuk ‘Candra Metu’ untuk Ni Ketut Arini
Noviana Windri
Konferensi pers ‘Candra Metu’ Malam Apresiasi Maestro Tari Bali, Ni Ketut Arini di Maya Sanur, Selasa (21/1/2020) 

TRIBUNNEWSWIKI, BALI – Fotografer Yan Palapa menggagas acara malam apresiasi sekaligus peluncuran buku foto ‘Candra Metu’ sebagai bentuk penghargaan kepada sang maestro tari bali, Ni Ketut Arini.

Acara yang akan dihelat pada Sabtu (25/1/2020) mendatang di Ballroom Maya Sanur, Denpasar.

Yan Palapa menjelaskan bahwa ia menggagas acara malam apresiasi untuk maestro Ni Ketut Arini selama 1 tahun yang lalu.

Sementara, untuk buku foto ‘Candra Metu’ hanya dicetak sebanyak 100 exemplar.

Daftar 10 Nominasi Kategori Anugerah Musik Bali 2020

“Sejatinya kami cukup lama menggagas kegiatan ini, sejak 1 tahun lalu. Buku hanya dicetak sebanyak 100 exemplar,” jelasnya dalam konferensi pers, Selasa (21/1/2020).

Lebih lanjut dijelaskan, proses pengambilan foto dilakukan 1 bulan sekali dalam kurun waktu 1 tahun dengan menyesuaikan jadwal dan keadaan sang maestro.

“Prosesnya lancer-lancar saja. Hanya masalahnya Ibu Arini kan sibuk. Jadi saya harus menyesuaikan waktu dan keadaan. Kami pun melakukan pemotretan bukan di studio, tetapi hanya di ruangan biasa. Dalam satu tahun ini prosesnya 1 bulan sekali instensnya 25 menit pemotretan,” sambungnya.

Sementara, kurator Arif Bagus Prasetyo mengungkapkan bahwa karya foto memotret ibu Arini, secara harfiah apa yang dijadikan obyek adalah tubuh.

Tetapi tak sekadar tubuh itu saja, melainkan tubuh Arini menyiratkan ada pesan khusus yaitu sebuah tubuh budaya.

“Saya sejak awal terlibat dalam proyek ini sebagai kurator. Yang menarik dari buku Candra Metu adalah teknik fotografi Yan Palapa. Yaitu teknik penggarapan menghasilkan foto kabur. Dengan gerak cepat, Yan Palapa mampu menangkap momen sang penari sepuh ini dan hasilnya cukup menarik. Ditambah lagi sosok ibu Arini yang sudah sepuh, justru foto-foto ini menjadi simbol tentang ketahanan hidup budaya Bali,” jelasnya.

Daftar 11 Nominasi dari 21 Kategori Anugerah Musik Bali 2020

Malam apresiasi ‘Candra Metu’ dikemas dengan istimewa yang aka diisi dengan pameran foto, peragaan busana, pembacaan puisi oleh Ayu Winastri, dan penampilan sang maestro, Ni Ketut Arini yang akan menarikan tarian Candra Metu ciptaan almarhum I Nyoman Kaler.

(TribunBaliWiki/Noviana Windri Rahmwati)

Ikuti kami di
Penulis: Noviana Windri Rahmawati
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved