Menag Sebut Jemaah Umroh Indonesia Akan Dipulangkan 15 Maret Mendatang

Jamaah umroh asal Indonesia yang masih tertahan di Arab Saudi direncanakan pulang ke Indonesia pada Minggu (15/3/2020) mendatang.

Menag Sebut Jemaah Umroh Indonesia Akan Dipulangkan 15 Maret Mendatang
Noviana Windri
Menteri Agama RI, Fachrul Razi dalam kunjungan kerjanya di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali, Kamis (12/3/2020). 

TRIBUNBALIWIKI.COM, DENPASAR - Jamaah umroh asal Indonesia yang masih tertahan di Arab Saudi direncanakan pulang ke Indonesia pada Minggu (15/3/2020) mendatang.

Hal tersebut disampaikan Menteri Agama RI, Fachrul Razi dalam kunjungan kerjanya di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali, Kamis (12/3/2020).

"Sekarang jamaah umroh di Saudi masih ada beberapa. Kita harapkan tanggal 15 Maret ini selesai semuanya dan pulang ke Indonesia," ungkapnya.

Selain itu, untuk sementara waktu Kementerian Agama telah menutup aplikasi pendaftaran umroh Siskopatuh atau Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus terhitung sejak hari ini, Kamis (12/3/2020).

"Saya sarankan supaya pendaftaran tidak dibuka dulu. Nanti menumpuk terlalu banyak," ujarnya.

Namun, secara teknis pihaknya belum bisa memastikan hingga kapan aplikasi tersebut akan ditutup.

Sosok Ayip Budiman, Ketua OSIS Yang Gemar Membuat Kartu Ucapan Untuk Teman Sekolah

Pihaknya juga menyebutkan terus berkomunikasi dengan Arab Saudi terkait kebijakan pelarangan penerbitan visa umroh untuk WNI.

"Kita selalu berkomunikasi dengan Arab Saudi. Tetapi belum ada keputusan. Dan belum ada pembatalan. Kita siap-siap saja," tutupnya.

Berdasarkan data yang Tribun Bali terima, sejak Januari hingga Februari 2020 Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali telah memberangkatkan jamaah umroh asal Provinsi bali sebanyak 1053 jamaah.

Namun, dari jumlah tersebut sebanyak 36 jamaah gagal umroh karena adanya pemulangan kembali maskapai Emirates yang transit di Dubai sebelum ke Arab Saudi.

Ikuti kami di
Penulis: Noviana Windri Rahmawati
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved