Digelar Pertama Kali, Lomba dan Pameran Ogoh-Ogoh STT Tunas Muda Diikuti 45 Peserta

STT Tunas Muda, Banjar Dukuh Mertajati, Sidakarya, menggelar lomba dan pameran Sketsa Ogoh-Ogoh, Senin (16/3/2020)

Digelar Pertama Kali, Lomba dan Pameran Ogoh-Ogoh STT Tunas Muda Diikuti 45 Peserta
tribunnewswiki/Noviana Windri
Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra membuka lomba dan pameran sketsa Ogoh-Ogoh di Banjar Dukuh Mertajati, Sidakarya, Senin (16/3/2020) 

TRIBUNWIKIBALI.COM, DENPASAR - STT Tunas Muda, Banjar Dukuh Mertajati, Sidakarya, menggelar lomba dan pameran Sketsa Ogoh-Ogoh, Senin (16/3/2020)

Lomba dan pameran yang pertama kalinya digelar di Kota Denpasar ini secara khusus mendapat dukungan dari Pemerintah Kota Denpasar dan dibuka langsung oleh Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra.

Adapun latar belakang diselenggarakannya lomba ini yaitu dari tradisi pembuatan ogoh-ogoh di Bali yang tidak lepas dari pembuatan sketsa yang dipakai sebagai acuan kerja dalam proses pembuatan ogoh-ogoh.

Virus Corona Merebak, Pawai Ogoh-Ogoh Tetap Dilaksanakan di Desa Adat Sidakarya

Dimana ogoh-ogoh adalah karya seni patung dalam kebudayaan Bali menggambarkan buta kala yang mempresentasikan perbuatan alam, semesta, dan waktu.

"Pembuatan ogoh-ogoh di Bali yang tidak lepas dari pembuatan sketsa yang dipakai sebagai acuan kerja dalam proses pembuatan ogoh-ogoh. Akan tetapi seringkali karya sketsa tidak mendapatkan tempat sebagai sebuah karya seni setelah proses penggarapan ogoh-ogoh rampung," jelas Ade Widiantara, Ketua STT Tunas Muda, Senin (16/3/2020).

Lebih lanjut dijelaskan, sketsa merupakan karya seni yang paling penting dalam proses berkarya dan karya seni mendasar.

Adapun tujuan kegiatan lomba dan pameran sketsa ogoh-ogoh untuk memberikan ruang apresiasi kepada karya seni sketsa, menumbuh kembangkan kreatifitas dan kecintaan anak muda dalam berkesenian terutama seni sketsa.

Mewadahi para kaum pemuda khususnya di Bali untuk mengembangkan potensi bidang seni, karya yang terkumpul bisa dijadikan referensi untuk generasi muda dalam pencarian gagasan dalam pembuatan ogoh-ogoh, dan sebagai sarana untuk memperkenalkan STT Tunas Muda kepada masyarakat Bali serta mempererat persaudaraan dengan STT lainnya.

Cerita Arsitek dalam Pembuatan Ogoh-Ogoh ‘Legu Gondong’  

"Kegiatan ini diikuti sebanyak 45 peserta se-Bali. Peserta mulai dari mahasiswa, umum, hingga siswa SMA. Yang nantinya akan memperebutkan 3 pemenang terbaik dan 1 pemenang terfavorit," lanjutnya.

Para pemenang akan mendapatkan piala, piagam, dan uang pembinaan.

Acara ini digelar mulai hari ini, Senin (16/3/2020) hingga Jumat (20/3/2020) mulai 16.00 Wita hingga 23.00 Wita dan terbuka untuk umum.

"Kami berharap acara lomba dan pameran skesta ogoh-ogoh berjalan dengan lancar dan bisa menjadi ajang tahunan kedepannya," tutupnya.

Ikuti kami di
Penulis: Noviana Windri Rahmawati
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved