Rai Mantra Buka Lomba dan Pameran Sketsa Ogoh-Ogoh STT Tunas Muda  

Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra yang ditandai dengan pemotongan Pita Bunga

Rai Mantra Buka Lomba dan Pameran Sketsa Ogoh-Ogoh STT Tunas Muda   
TRIBUNNEWSWIKI/Noviana Windri
Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra membuka lomba dan pameran sketsa Ogoh-Ogoh di Banjar Dukuh Mertajati, Sidakarya, Senin (16/3/2020) 

TRIBUNWIKI-BALI.COM, DENPASAR - Menjelang pelaksanaan Hari Suci Nyepi Caka 1942 beragam rangkaian turut menyertai, salah satunya adalah pembuatan ogoh-ogoh

Guna mewadahi kreatifitas seni budaya serta mendukung pengembangan seni sketsa, ST. Tunas Muda, Banjar Dukuh Mertajati, Desa Sidakarya Denpasar menggelar Pameran dan Lomba Sketsa Ogoh-ogoh Caka 1942. 

Kegiatan yang digelar untuk pertama kalinya ini dibuka Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra yang ditandai dengan pemotongan Pita Bunga di Balai Banjar Dukuh Mertajati, Sidakarya, Senin (16/3/2020).

Dalam kesempatan tersebut Rai Mantra mengatakan bahwa seni ogoh-ogoh merupakan sebuah karya seni rupa yang sarat makna. 

Dimana, dalam pelaksanaanya mengandung unsur penetralisisir, dimana aplikasinya bertujuan untuk nyomya bhuta kala,  sehingga keseimbangan alam semesta dapat diwujudkan.

Yuk Hadiri Lomba dan Pameran Sketsa Ogoh-Ogoh di Banjar Dukuh Mertajati Sidakarya

Rai Mantra menambahkan bahwa dalam proses pembuatan ogoh-ogoh, setelah penentuan tema maka tahapan awal yang dilaksanakan adalah membuat sketsa. 

Hal ini yang menjadi acuan dalam proses pembuatan kedepanya. Sehingga prinsip gotong royong dapat diciptakan.

“Tentunya kami sangat mengapresiasi serta mendukung pelaksanaan kegiatan ini sebagai upaya memberikan ruang kreatifitas serta menjadi wahana untuk mengembangkan seni sketsa yang bertalian dengan Hari Suci Nyepi Caka 1942,” paparnya.

Sementara, Bandesa Desa Adat Sidakarya, I Wayan Rena mengatakan lomba dan pameran sketsa ogoh-ogoh merupakan bentuk inovasi STT Tunas Muda di Banjar Dukuh Mertajati, Sidakarya dalam rangka menyongsong Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1942.

Juga untuk mendukung Kota Denpasar yang berwawasan budaya, ekonomi kreatif dan terwujudnya Desa Sidakarya yang bersemi, berbudaya, sejahtera, maju dan inovatif.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Noviana Windri Rahmawati
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved