Nama dan Arti Logo Desa Sidakarya, Lambangkan Lima Dasar Pancasila

Desa Sidakarya memiliki logo berbentuk segi lima bernama ‘Tirta Sidakarya Raksasa, yang berwarna dasar putih yang terdapat Candi Lembar berwarna merah

Nama dan Arti Logo Desa Sidakarya, Lambangkan Lima Dasar Pancasila
Istimewa/ Facebook Desa Sidakarya
Logo Desa Sidakarya, Denpasar 

TRIBUNNEWSWIKI, BALI – Sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Daerah Tingkat I Bali, Nomor 57 Tahun 1982 tanggal 1 Juni 1982, Desa Sidakarya dikukuhkan menjadi Desa Difinitif, yang mana sebelumnya masih menjadi satu dengan Desa Sesetan yang sekarang menjadi Kelurahan.

Sehingga dengan demikian, Desa Sidakarya resmi sebagai Desa Pemerintahan yang difinitif pada tanggal 1 Juni 1982, yang merupakan salah satu Desa di Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Provinsi Bali.

Desa Sidakarya memiliki logo berbentuk segi lima bernama ‘Tirta Sidakarya Raksasa, yang berwarna dasar putih yang terdapat Candi Lembar berwarna merah di tengah-tengahnya.

Adapun makna disetiap bagian yang ada di dalam logo Desa Sidakarya sebagai berikut.

Desa Sidakarya

Nama "Tirta Sidakarya Raksaka yang disingkat ‘Ta-Si-Ra = Tis - Ira memiliki arti Tirta Sidakarya yang tersohor dan Digjaya (Tirta Pamarisudhan Jagat, Pelebur Merana, dan sekaligus sebagai Pemasupati).

Lambang berbentuk segi lima melambangkan kelima Dasar Negara Pancasila .

Padma Ngelayang melambangkan Asta Dewata (Delapan Penjuru Arah) bahwa Tirta Sidakarya berlaku di seluruh jagat.

Tiga Lingkaran melambangkan Bhur, Bwah, Swah : Padi melambangkan Catur Bija (Beras Utama Sidakarya) Kapas Melambangkan Panca Taru Sidakarya : Melambangkan Buana/Wana.

Padi melambangkan Catur Bija (Beras Utama Sidakarya) sedangkan Kapas melambangkan Panca Taru Sidakarya.

Candi Bentar melambangkan Buana atau Wana artinya Bandana Negara asal mulanya Hutan Sidakarya kemudian menjadi Desa Sidakarya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Noviana Windri Rahmawati
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved