Desa Padangsambian Kaja

Desa Padangsambian Kaja adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Denpasar Barat, Denpasar, Bali. Desa Padangsambian Kaja memiliki luas 409 ha.

istimewa/ instagram @padangsambiankaja
Musyawarah Perencanaan Pembangunan Jangka Menengah Desa Padangsambian Kaja tahun 2019-2025, Senin (17/2/2020) 

TRIBUNWIKIBALI.COM, DENPASAR – Desa Padangsambian Kaja adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Denpasar Barat, Denpasar, Bali.

Desa Padangsambian Kaja memiliki luas wilayah 409 hektar.

Desa Padangsambian Kaja secara definitif berdiri sendiri menjadi desa persiapan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Bali Nomor 57 Tahun 1982 tertanggal 1 Juni 1982.

Sebagai suatu desa yang berada di pinggiran perkotaan Kota Denpasar, bentang alam Desa Padangsambian Kaja sebagian besar merupakan areal pemukiman warga.

Namun pada beberapa wilayah masih terdapat area budidaya, seperti sawah (Subak Pagutan dan Subak Srogsogan), tegalan, kebun, kawasan usaha dan pergudangan dan sebagainya.

Kelurahan Sumerta

POSISI

Desa Padangsambian Kaja berada di koordinat 115.1899 Bujur Timur dan -8.652808 Lintang Selatan.

Sebelah Utara Desa Padangsambian Kaja berbatasan dengan Kelurahan Sempidi

Sebelah Selatan Desa Padangsambian Kaja berbatasan dengan Kelurahan Padangsambian.

Sebelah Timur Desa Padangsambian Kaja berbatasan dengan Desa Ubung Kaja dan Kelurahan Ubung.

Sebelah Barat Desa Padangsambian Kaja berbatasan dengan Desa Dalung dan Kelurahan Kerobokan Kaja.

VISI

“Padangsambian Kaja Cerdas, Kreatif, Sehat, Asri, Lestari Berwawasan Budaya” atau dapat juga diringkas dengan “Cakra Sri Bawa”

MISI

  1. Meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan desa yang profesional, kreatif, inovatif, efektif, efisien, melayani, bersih, jujur, transparan, akuntabel dan partisipatif serta pemanfaatan teknologi informasi yang tepat guna.
  2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia di desa yang unggul dengan peningkatan layanan dan sarana prasarana pendidikan dan kesehatan yang baik.
  3. Meningkatkan kualitas lingkungan hidup di desa yang bersih, rapi dan lestari, serta peningkatan edukasi dan penanaman budaya disiplin lingkungan bagi seluruh lapisan masyarakat.
  4. Meningkatkan kualitas pembinaan kemasyarakatan, kepemudaan, olahraga dan pelestarian budaya, adat dan agama.
  5. Mewujudkan penguatan jati diri masyarakat desa yang berwawasan budaya, seimbang, harmonis dan humanis.
  6. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat yang kreatif dan inovatif dengan program yang terukur dan menghasilkan outcome bernilai ekonomi yang bermanfaat bagi masyarakat.
  7. Mewujudkan peningkatan dan pengembangan potensi ekonomi desa melalui pengembangan produk-produk unggulan desa, dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa yang lebih profesional, kreatif dan inovatif.

Kelurahan Renon

SEJARAH

Desa Padangsambian Kaja secara definitif berdiri sendiri menjadi desa persiapan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Bali Nomor 57 Tahun 1982 tertanggal 1 Juni 1982.

Sejak saat itu secara administratif Desa Padangsambian Kaja mulai dipisahkan dari Desa Induk yaitu Desa Padangsambian (yang sekarang menjadi Kelurahan Padangsambian).

Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Padangsambian Kaja secara resmi dimulai pada 10 Agustus 1982.

Saat dilantiknya Lurah atau Kepala Desa Persiapan secara serentak se-Kota Administratif Denpasar dan sekitarnya.

Wilayah Desa Padangsambian Kaja pada saat sebagian besar terdiri atas tanah pertanian lahan basah dan sebagian lahan tegalan.

Ikuti kami di
KOMENTAR
267 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved