Politeknik Negeri Bali (PNB)

Politeknik Negeri Bali (PNB) adalah salah satu perguruan tinggi bidang vokasi negeri yang ada di Bali. Pendidikan Politeknik didirikan pada tahun 19

Istimewa
Politeknik Negeri Bali (PNB) 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Noviana Windri Rahmawati

TRIBUNBALI.COM, DENPASAR – Politeknik Negeri Bali (PNB) adalah salah satu perguruan tinggi bidang vokasi negeri yang ada di Bali.

Pendidikan Politeknik  didirikan pada tahun 1976 yang merupakan kerjasama antara ITB dengan pemerintah Swiss.

Kampus Politeknik Negeri Bali (PNB) berdiri diatas lahan seluas 12 hektar.

Politeknik Negeri Bali (PNB) berakreditasi B.

Politeknik Negeri Bali (PNB)  memiliki 6 jurusan yaitu Jurusan Teknik Sipil, Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Elektro, Jurusan Akuntansi, Jurusan Administrasi Niaga, dan Jurusan Pariwisata.

Politeknik Negeri Bali (PNB) berlokasi di Jalan Raya Uluwatu No.45, Jimbaran, Kuta Selatan.

POSISI

Sebelah utara Politeknik Negeri Bali (PNB) berbatasan dengan Jalan Raya Uluwatu, Rusunawa Unud, komplek pemukiman, pertokoan dan penginapan.

Sebelah selatan Politeknik Negeri Bali (PNB) berbatasan dengan Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Sebelah timur Politeknik Negeri Bali (PNB) berbatasan dengan Jalan Raya Kampus Unud dan  Universitas Udayana.

Sebelah barat Politeknik Negeri Bali (PNB) berbatasan dengan Jalan Raya Uluwatu, Jalan Bukit Hijau, komplek pemukiman, pertokoan dan penginapan.

SEJARAH SINGKAT

Pendidikan Politeknik  didirikan pada tahun 1976 yang merupakan kerjasama antara ITB dengan pemerintah Swiss.

Karena dinilai berhasil selanjutnya dikembangkan 6 (enam) rintisan politeknik di Indonesia dan dianggap berhasil.

Politeknik merupakan satu bagian dari Sistem Pendidikan Nasional khususnya pendidikan tinggi diatur dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 12 tahun 2012 yang mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui jalur pendidikan vokasi.

Pendidikan Politeknik membekali lulusannya dengan keterampilan yang didukung dengan pengetahuan dasar teoritis yang cukup dan sikap disiplin yang tangguh.

Pada tahun 1984 pemerintah Indonesia mengembangkan kembali Politeknik di seluruh Indonesia, salah satunya adalah Politeknik Universitas Udayana.

Ditetapkannya Ir. Ketut Kinog dan Drs. Abdullah Jawas sebagai pimpinan Politeknik, melakukan persiapan-persiapan dan setelah dianggap cukup siap maka tanggal 5 Oktober 1987 Politeknik Universitas Udayana memulai kuliah perdananya.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 30 tahun 1990 tentang Perguruan Tinggi yang telah direvisi menjadi PP No. 57 tahun 1998, dinyatakan Politeknik seharusnya berdiri sendiri.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved