UNIVERSITAS UDAYANA (UNUD)

Universitas Udayana (UNUD) adalah salah satu perguruan tinggi negeri tertua di Bali yang didirikan pada 29 September 1962. Universitas Udayana (UNUD)

zoom-inlihat foto UNIVERSITAS UDAYANA (UNUD)
web unud.ac.id
Logo UNUD

Laporan Wartawan Tribun Bali, Noviana Windri Rahmawati

TRIBUNBALI.COM, DENPASAR – Universitas Udayana (UNUD) adalah salah satu perguruan tinggi negeri tertua di Bali yang didirikan pada 29 September 1962.

Universitas Udayana (UNUD) berlokasi di Jalan Raya Kampus UNUD, Kampus Bukit Jimbaran, Jimbaran.

Motto Universitas Udayana (UNUD) adalah Orang Yang Menuntut Ilmu Wajib Mengejar Pengetahuan dan Kebajikan.

SEJARAH SINGKAT

Cikal bakal Unud adalah Fakultas Sastra Udayana cabang Universitas Airlangga yang diresmikan oleh P. J. M. Presiden Republik Indonesia Ir. Soekarno, dibuka oleh J. M. Menteri P.P dan K. Prof. DR. Priyono pada tanggal 29 September 1958 sebagaimana tertulis pada Prasasti di Fakultas Sastra Jalan Nias Denpasar. 

Universitas Udayana secara sah berdiri pada tanggal 17 Agustus 1962 dan merupakan perguruan tinggi negeri tertua di daerah Provinsi Bali.

Sebelumnya, sejak tanggal 29 September 1958 di Bali sudah berdiri sebuah fakultas yang bernama Fakultas Sastra Udayana sebagai cabang dari Universitas Airlangga Surabaya.

Fakultas Sastra Udayana inilah yang merupakan embrio dari pada berdirinya Universitas Udayana.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIPNo.104/1962, tanggal 9 Agustus 1962, Universitas Udayana secara syah berdiri sejak tanggal 17 Agustus 1962.

Tetapi oleh karena hari lahir Universitas Udayana jatuh bersamaan dengan hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia maka perayaan Hari Ulang Tahun Universitas Udayana dialihkan menjadi tanggal 29 September dengan mengambil tanggal peresmian Fakultas Sastra yang telah berdiri sejak tahun 1958.

VISI

Terwujudnya perguruan tinggi yang unggul, mandiri, dan berbudaya.

MISI

1.   Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang bermutu dan menghasilkan lulusan yang memiliki moral/etika/akhlak dan integritas yang tinggi sesuai dengan tuntutan masyarakat lokal, nasional, dan internasional;

2.   Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan kepentingan masyarakat dan bangsa;

3.   Memberdayakan Unud sebagai lembaga yang menghasilkan dan mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan budaya yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat; dan 

4.   Menghasilkan karya inovatif dan prospektif bagi kemajuan Unud serta perekonomian nasional.  

KAMPUS

Universitas Udayana (UNUD) memiliki 3 lokasi kampus yag berbeda sebagai berikut

Halaman selanjutnya

1.     Kampus Nias

...

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved