Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNUD

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (Unud) terletak di Jalan Pulau Nias, Denpasar Barat, Denpasar. Fakultas Ilmu Budaya ini sering disebut dengan

Google Maps
Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (Kampus Nias), Kampus Tertua di Unud 

TRIBUNBALIWIKI.COM, DENPASAR - Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (Unud) terletak di Jalan Pulau Nias, Denpasar Barat, Denpasar.

Fakultas Ilmu Budaya ini sering disebut dengan Kampus Nias.

Kampus Nias merupakan kampus tertua dan menjadi cikal bakal berdirinya Universitas Udayana.

Kampus Nias terdiri dari fakultas Sastra dan fakultas Hukum dan juga Program pasca Sarjana (Master dan Doktor) Kajian Budaya.

POSISI

Sebelah timur Fakultas Ilmu Budaya (FIB) berbatasan dengan asrama mahasiswa Unud, permukiman warga dan Jalan Diponegoro.

Sebelah barat Fakultas Ilmu Budaya (FIB) berbatasan dengan RSUP Sanglah.

Sebelah utara Fakultas Ilmu Budaya (FIB) berbatasan dengan Jalan Pulau Aru, Masjid An-Nur dan permukiman warga.

Sebelah selatan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) berbatasan dengan permukiman warga dan Jalan Pulau Bali.

SEJARAH

Berdiri Fakultas Ilmu Budaya atas prakarsa Yayasan Fakultas-Fakultas Nusa Tenggara, yang diketahui oleh Letkol Minggoe dan Wakil Ketua I, Gubernur Sunda Kecil, Teuku Mochamad Daoedsjah.

Yayasan ini bekerja sama dengan orang-orang yang mempunyai keahlian khusus dalam bidang ilmu sastra, seperti Dr. R. Goris, Dr. Ida Bagus Mantra dan I Gusti Ketut Ranuh.

Selain mempersiapkan hal yang berkenaan dengan segi fisik, juga mempersiapkan para calon dosen, terutama orang yang akan dijadikan pimpinan pada fakultas yang akan dibentuk.

Salah satunya adalah Prof. Dr. Poerbatjaraka, yang kala itu menjadi Dekan di Fakultas Sastra dan Kebudayaan Universitas Gadjah Mada.

Dosen-dosen diantaranya yaitu Prof. Dr. Poerbatjaraka, (2) Dr. R. Goris, (3) Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, dan (4) Prof. Dr. Swami Ajarananda.

Pada tanggal 29 September 1958 resmi dibuka Fakultas Sastra Udayana.

9 Program Studi di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unud

Namun, rencana nama semula adalah Udayana Fakultas Sastra dan Budaya.

Kata Budaya kemudian dihilangkan atas anjuran Prof. Dr. Prijono, karena dengan kata Sastra saja sudah terkandung arti Budaya dan sudah mengandung arti yang sangat luas.

Pada awal berdirinya (September – Desember 1958), Fakultas Sastra Udayana diasuh oleh Yayasan Fakultas-Fakultas Nusa Tenggara.

Mulai tanggal 1 Januari 1959 secara resmi menjadi bagian Universitas Airlangga.

Ikuti kami di
KOMENTAR
423 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved