Pemerintah Provinsi Bali Izinkan Masyarakat Shalat Idul Adha di Masjid atau Lapangan

Walaupun masih dilanda pandemic Covid-19, MUI Provinsi Bali, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, Kemenag Provinsi Bali, dan jaja

Noviana Windri
MUI Provinsi Bali, DPD RI, Satgas Covid-19 Provinsi Bali, dan sejumlah ormas Islam Provinsi Bali menggelar temu wicara di Aula Stikom, Denpasar, Kamis (16/7/2020). 

TRIBUNBALIWIKI.COM, DENPASAR – Walaupun masih dilanda pandemi Covid-19, MUI Provinsi Bali, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, Kemenag Provinsi Bali, dan jajarannya menyepakati bahwa pelaksanaan Shalat Id Idul Adha'>Hari Raya Idul Adha 2020 atau 1441 H boleh dilaksanakan di masjid atau lapangan.

Ketua Umum MUI Provinsi Bali, Taufik As’adi menjelaskan bahwa pihaknya segera mensosialisasikan Panduan Pelaksanaan Ibadah Idul Adha Pada Tatanan Kehidupan Era Baru Aman Covid-19 Provinsi Bali 2020.

Terkait pelaksanaan diserahkan kembali kepada panitia pelaksana dan kesiapannya baik yang dilaksanakan di masjid maupun lapangan.

Dan tetap berkoordinasi dengan lembaga yang terkait.

“Pelaksanaan Shalat Id boleh dilaksanakan di masjid maupun lapangan. Tergantung kesiapan panitia pelaksana dan masyarakat di daerah masing-masing. harus tetap berpegang kepada panduan protokol kesehatan. Untuk panduan sholat id, penyembelihan hewan qurban serta pembagiannya akan secepatnya disosialisasikan. Sehingga kita harapkan seluruh umat Islam itu harus memperhatikan protokol kesehatan,” jelasnya.

Taufik As’adi menegaskan bahwa umat Islam harus disiplin, tertib, sabar, bersungguh-sungguh, dan taat dengan protokol kesehatan yang menjadi kunci pencegahan penyebaran Covid-19.

“Alhamdulillah sudah kami bicarakan bersama. Dari Satgas Provinsi Bali serta ormas Islam juga ikut memberikan masukan dan arahannya. Mudah-mudahan apa yang kita harapkan bisa terlaksana dan berjalan dengan sebaik-baiknya, mempunyai manfaat serta menjadi percontohan. Karena kesehatan kita adalah kesehatan bersama,” tutupnya.

Sementara, Sekretaris Satgas Covid-19 Provinsi Bali, I Made Rentin memberikan apresiasi kepada MUI Provinsi Bali karena dianggap satu-satunya dari unsur agama yang baru melaksanakan upaya kesiapsiagaan melaksanakan Ibadah Idul Adha Pada Tatanan Kehidupan Era Baru Aman Covid-19 Provinsi Bali 2020.

“Kami sudah menyarakan pertama yang harus dilakukan adalah menyusun dokumen protokol kesehatan yang di dalamnya mengatur dua hal yaitu pelaksanaan Shola Id berjamaah dan penyembelihan hewan qurban. Dan kami mengapresiasi telah disusun sejalan dengan amanat Gubernur Provinsi Bali.” Jelasanya.

Lebih lanjut, I Made Rentin berharap umat Islam di Bali mentaati dan disiplin dengan protokol kesehatan yang telah disepakati bersama.

Panduan Penyembelihan Hewan Qurban Idul Adha 2020 dari MUI Provinsi Bali

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Noviana Windri Rahmawati
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved