Pengajuan Dispensasi Nikah Meningkat, Rai Mantra: Tantangan Perkotaan Seperti Itu

Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra menanggapi pengajuan dispensasi nikah di Denpasar meningkat dua kali lipat meski angkanya kecil.

Noviana Windri
Walikota Denpasar, Rai Dharmawijaya Mantra saat ditemui Tribun Bali di Gedung Sewaka Dharma, Rabu (22/7/2020) 

TRIBUN-BALIWIKI.COM, DENPASAR - Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra menanggapi pengajuan dispensasi nikah di Denpasar meningkat dua kali lipat meski angkanya kecil.

Ia mengatakan bahwa dispensasi nikah atau pernikahan anak di bawah umur layaknya penyebaran virus corona.

"Seperti kasus Covid-19 ya, ada yang memang terjadi di masyarakat yang tinggal di Denpasar ada juga yang pendatang. Sehingga ini harus kami teliti dulu apa penyebabnya," ucapnya saat ditemui Tribun Bali, Rabu (22/7/2020) lalu.

Lebih lanjut, Rai Mantra mengungkapkan bahwa kasus dispensasi nikah atau pernikahan anak di bawah umur masih menjadi PR untuk Pemkot Denpasar.

"Tetapi tantangan perkotaan ya seperti itu. Pasti grafiknya tidak mungkin akan turun terus. Pasti akan naik karena tingkat mobilisasi tinggi. Sama seperti penyebaran Covid-19," sambungnya.

Pihaknya akan terus melakukan upaya pencegahan pernikahan anak di bawah umur dengan strategi-strategi yang dilakukan oleh dinas terkait.

Salah satunya adalah gencar melakukan sosialisasi di tingkat desa maupun sekolah.

Sepekan Jelang Hari Raya Idul Adha 2020, Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Denpasar Turun

Hari Anak Nasional, Denpasar Ditunjuk Menjadi Lokasi Best Practices Kota Layak Anak Indonesia-Iran

Panduan Penyembelihan Hewan Qurban Idul Adha 2020 dari MUI Provinsi Bali

"Kalau sudah melihat penyebab kasus dispensasi nikah, maka kita harus punya strategi kedepannya. Kita tetap melakukan sosialisasi dan sudah ada satgas-satgas perlindungan anak. Apakah sosialisasi kurang, mereka belum tau sosialisasinya, atau orangtuanya yang belum tau. Dari sekolah juha perlu kita tekankan," tutupnya.

Berdasarkan data yang Tribun Bali himpun dari Pengadilan Agama (PA) Denpasar menerima pengajuan dispensasi nikah yang dilakukan oleh pasangan di bawah umur.

Kasir PA Denpasar, Ardiansyah mengatakan dispensasi nikah yang diterima oleh PA Denpasar jumlahnya meningkat dua kali lipat pada tahun 2020.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Noviana Windri Rahmawati
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved