Penyebab Miss V Sering Gatal dan Iritasi? Ini Tips Merawat Kesehatan Miss V

Gatal pada daerah kewanitaan merupakan hal yang cukup meresahkan bagi seorang wanita. Area intim yang bersih dan ideal umumnya adalah yang tidak irit

zoom-inlihat foto Penyebab Miss V Sering Gatal dan Iritasi? Ini Tips Merawat Kesehatan Miss V
GRID.ID
Ilustrasi Miss V.

TRIBUN-BALIWIKI.COM, DENPASAR - Gatal pada daerah kewanitaan merupakan hal yang cukup meresahkan bagi seorang wanita.

Area intim yang bersih dan ideal umumnya adalah yang tidak iritasi, lembab, gatal, pH sesuai, dan juga segar.

Mengapa daerah miss V sering gatal dan iritasi?

dr. Dinda Derdameisya., SpOG dalam KulWap Andalan Feminim Care 'Berani Cerita Soal Vagina' menjelaskan jika dibandingkan dengan kulit wajah, Miss V memiliki kulit yang sangat tipis.

Hal tersebut yang membuat Miss V lebih mudah teriritasi dengan penyebab yang beragam.

Seperti hormon, diabetes, gesekan pakaian dan celana ketat, hawa lembab, faktor eksternal penggunaan sabun mandi, detergen, dan pelumas, penggunaan bubble bath dua kali sehari dapat meningkatkan infeksi, sabun yang mengandung banyak bahan kimiawi dapat membuat Miss V teriritasi.

Serta shaving atau waxing atau mencukur bulu Miss V dapat membuat iritasi dan infeksi, kulit Miss V setelah waxing akan menjadi lebih sensitif.

"Hati-hati jika kita ingin menggaruknya. Karena kulit di area Miss V sangat tipis dan rentan terjadi infeksi. Jika sudah infeksi akan menimbulkan rasa nyeri hingga bengkak. Biasanya ini sering terjadi pada saat menstruasi karena penggunaan pembalut yang tidak cocok dengan kondisi kulit," jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, bagaimana cara agar Miss V tidak gatal yaitu dengan mencari tahun terlebih dahulu penyebab rasa gatal yang dirasakan apakah karena iritasi atau infeksi.

Sebab, beda penyebab akan berbeda pengobatannya.

Dan tidak asal memberikan pengobatan tanpa melakukan pemeriksaan.

Berikut tips merawat kesehatan Miss V.

1. Penggunaan antiseptik pada vagina (iodine, povidon, sirih, dll) dapat membunuh bakteri dan jamur pada vagina, namun juga memusnahkan bakteri baik Lactobacillus.

2. Salah satu cara menjaga pertahanan alami vagina adalah menyeimbangkan mikroflora Miss V, yakni dengan memelihara populasi Lactobacillus.

3. Bakteri probiotik menghasilkan asam laktat dan menjaga pH alami Miss V, sehingga jamur maupun bakteri patogen tidak bisa berkembang biak.

4. Menggunakan Feminine Hygiene yang mengandung ekstrak probiotik adalah salah satu solusi menjaga kebersihan Miss V.

5. Saat haid, pastikan menjaga kebersihan, ganti pembalut 4-5 kali sehari, daya serap tinggi, catat siklus.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved