Menjaga Kesehatan Mata Selama Pandemi Covid-19

ata adalah salah satu organ yang dapat menjadi jalur masuknya virus corona di masa pandemi Covid-19. Sebab mata memiliki salah satu reseptor yang bis

kemenkes.go.id
Update kasus Covid-19 di Bali. 

TRIBUN-BALIWIKI.COM, DENPASAR - Mata adalah salah satu organ yang dapat menjadi jalur masuknya virus corona di masa pandemi Covid-19.

Sebab mata memiliki salah satu reseptor yang bisa menyebabkan virus menempel dan masuk ke dalam tubuh kita.

Seperti gambaran dari pasien yang terinfeksi dari virus, kurang lebih hampir sama seperti pasien yang mengalami mata merah biasa.

Dokter Spesialis Mata RSUP Sanglah, dr. I Gusti Ayu Made Juliari, Sp.M (K) menjelaskan agar tidak terinfeksi virus covid-19 melalui mata, yang pertama dilakukan adalah jangan memegang mata.

"Selama ini kalau kita mamakai masker itu mungkin kita sudah tidak memegang area hidung dan mulut. Tetapi kita sering kali lupa dan tidak sengaja memegang mata apalagi sampai mengucek mata. Ketika tangan kita tidak bersih, itu akan menjadi tempat masuknya virus ke area mata," jelasnya dalam youtube PKRS Sanglah yang diakses pada Kamis (17/9/2020).

Seseorang juga harus tahu kapan melakukan pemeriksaan ke dokter mata apabila menemui gejala mata merah, mata mendadak buram, atau nyeri yang hebat, dan jangan ditunda lagi.

Juga jangan membeli obat-obatan tanpa rekomendasi dari orang yang tidak mengetahui kesehatan mata.

Soul and Kith Resmi Rilis Video Musik Singel Sorrow

"Untuk mencegah agar mata tidak terinfeksi virus di era pandemi covid-19 adalah dengan menggunakan pelindung mata. Bisa menggunakan kacamata goggle atau face shield," tambahnya.

Di era new normal saat ini, banyak masyarakat yang aktif mengikuti kegiatan secara online baik melalui komputer atau gadget dan media lainnya.

Hal tersebut sering menimbulkan rasa lelah pada mata.

dr. I Gusti Ayu Made Juliari, Sp.M (K) mengingatkan dengan role 20, setiap 20 menit untuk istirahat mata selama 20 detik dan memandang jauh 20 feet atau 6 meter sehingga mata berkesempatan untuk beristirahat.

Selain itu juga sebisa mungkin tidak memegang mata dan mengucek mata.

Namun, jika merasa tidak nyaman dengan mata dan ingin menyentuh sebaiknya tangan bersih dengan mencuci tangan dengan air mengalir.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved