4 Gejala Ambeyen dan Cara Pengobatannya

4 Gejala Ambeyen dan Cara Pengobatannya 4 Gejala Ambeyen dan Cara Pengobatannyavv4 Gejala Ambeyen dan Cara Pengobatannya

Tribun manado
Ilustrasi ambeien 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Wasir atau ambeyen (heremoid) adalah pembengkakan atau pembesaran pembuluh darah usus besar bagian akhir (rektum) serta dubur.

Wasir seringkali ditandai dengan adanya benjolan di luar anus dan gejala lain seperti rasa gatal dan sakit di sekitar anus, pendarahan pada anus setelah BAB, dan keluarnya lendir setelah BAB.

Dokter spesialis bedah Kasih Ibu Hospital, dr. Ryandu Satrio, M.Biomed, Sp.B menjelaskan gangguan pada BAB bisa menyebabkan seseorang menderita wasir atau ambeyen.

"Pencahar menjadi solusi awal untuk ambeyen tingkat I tidak apa-apa. Itu kami rekomendasikan untuk mempercepat. Tetapi sebisa mungkin konsumsi makanan yang banyak seratnya itu lebih baik dari obat pencahar," jelasnya dalam youtube Kasih Ibu Hospital diakses pada Sabtu (10/10/2020).

Wasir dikualifikasikan menjadi empat.

Derajat satu adalah pembengkakan kecil yang muncul di dalam dinding anus dan tidak terlihat di luar anus.

Baca juga: Gejala dan Cara Ampuh Mengurangi Risiko Demensia atau Penyakit Pikun

Baca juga: 4 Cara Menikmati Indahnya Desa Adat Penglipuran, Berfoto hingga Menginap di Rumah Penduduk

Derajat kedua adalah pembengkakan lebih besar yang keluar dari anus saat BAB dan masuk kembali dengan sendirinya seusai BAB.

Derajat ketiga adalah adanya satu atau beberapa benjolan kecil yang menggantung dari anus, namun bisa didorong untuk masuk kembali.

Derajat keempat adalah benjolan besar yang menggantung dari anus dan tidak bisa didorong kembali.

"Kalau berlama-lama di toilet betul bisa menyebabkan ambeyen. Karena akan ada tekanan di anus dan pembuluh darah akan menggumpal. Kalau duduk di lantai di medis tidak bisa. Kalau makan pedas otomatis menyebabkan sakit perut terus ngeden dan bisa menyebabkan tekanan di anus, memang ada jurnal dan penelitian yang itu," sambungnya.

Wasir atau ambeyen harus segera di tangani agar tidak membengkak atau pecah.

Untuk mencegah wasir atau ambeyen bisa dilakukan dengan menerapkan pola makan yang sehat.

Mengobati wasir atau ambeyen bisa dengan mengonsumsi obat-obatan atau menggunakan salep wasir, menjalani operasi pengangkatan wasir.

Jika wasir atau ambeyen disebabkan susah BAB, penggunaan obat pelancar BAB bisa direkomendasikan.

Ikuti kami di
Penulis: Noviana Windri Rahmawati
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved