Peringati Hari Penglihatan Sedunia, Jaga Kesehatan Mata pada Anak di Zaman Serba Online

Peringati Hari Penglihatan Sedunia, Jaga Kesehatan Mata pada Anak di Zaman Serba Online

yrsbali.org
Hari Penglihatan Sedunia 2020 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Dalam rangka memperingati World Sight Day atau Hari Penglihatan Sedunia 2020, RS Ramata menggelar bincang virtual melalui instagram live dengan tema 'There is Hope in Sight', Kamis (8/9/2020).

Hari penglihatan Sedunia memiliki visi mencegah kebutaan yang bisa dicegah.

Mata yang sehat menjadi aset yang penting bagi setiap manusia, mulai dari bayi, anak-anak, hingga manula.

Dokter spesialis mata RS Ramata, dr. Yenita Khatania Ardjaja, M.Biomed, Sp.M mengatakan saat ini tingkat kepedulian masyarakat terhadap kesehatan mata sudah mulai meningkat.

Ia berharap masyarakat tetap memeriksakan matanya ada atau tidak adanya keluhan minimal setahun sekali meskipun tanpa keluhan.

"Saat ini kita harapkan faskes 1 di daerah-daerah, di klinik bisa lebih mengedukasi kepada pasien. Jadi kita bisa mencegah kebutaan yang bisa dicegah itu," ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, selama melakukan praktek sebagai dokter spesialis mata, dr. Yenita Khatania Ardjaja, M.Biomed, Sp.M banyak menemukan kasus seperti katarak hingga glukoma.

Baca juga: Peringati World Mental Health, Jangan Jadikan Stres Karena Pandemi Untuk Konsumsi Obat Terlarang

Selain itu, pentingnya kesehatan mata pada anak-anak juga menjadi perhatian khusus di tengah pesatnya kemajuan teknologi, khususnya gadget.

"Apalagi di zaman serba online saat ini. Sudah sejak anak-anak sudah diberikan gadget ya oleh orangtuanya. Contoh lain misalnya anak-anak menonton televisi semakin mendekat maka orangtua perlu curiga. Jangan memaksa anak untuk semakin jauh tetapi kita harus cari tahu apa penyebabnya," jelasnya.

Gejala lain jika seorang anak sering mengucek-ngucek atau menekan-nekan mata bisa menandakan ada masalah pada mata.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Noviana Windri Rahmawati
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved