Tarif Swab Test Beberapa Rumah Sakit di Bali Belum Turun, Kasih Ibu Hospital Buka Suara

Tarif Swab Test Beberapa Rumah Sakit di Bali Belum Turun, Kasih Ibu Hospital Buka Suara

Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Tim PSIS Semarang beserta official menjalani swab test di selasar Gedung DPRD Kota Semarang, Rabu (26/8). Swab test tersebut sebagai langkah protokol kesehatan untuk menjalani latihan perdana menghadapi musim Liga 1 yang akan diadakan bulan Oktober 2020. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Berdasarkan surat edaran Kementerian Kesehatan tentang Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) adalah Rp 900 ribu.

Batasan tarif tersebut berlaku untuk masyarakat yang melakukan pemeriksaan RT-PCR atas permintaan sendiri/mandiri.

Namun, beberapa rumah sakit dan klinik di Denpasar dan sekitarnya masih terpantau belum menurunkan biaya Swab Test PCR.

Salah satunya adalah Kasih Ibu Hospital.

Direktur Kasih Ibu Hospital Denpasar, dr.Wayan Kesumadana Sp.OG (K-Fer) saat dikonfirmasi mengatakan penyabab belum turunnya tarif swab test karena Kasih Ibu Hospital belum mempunyai alat-alat swab test PCR.

"Sebenarnya pengambilan swab test PCR kita sudah lakukan tetapi kita masih kerja sama dengan beberapa klinik dan RS lainnya. Seperti Klinik Prodia untuk pengiriman hasil swab testnya," terangnya.

Swab test PCR mandiri di Kasih Ibu Hospital saat ini masih dikenakan biaya sebesar Rp 2.450.000 untuk 1-2 hari pengambilan hasil tes.

Baca juga: Tarif Biaya Swab Test Mandiri di 5 Rumah Sakit dan Klinik di Denpasar Sekitarnya Turun Jadi 900 Ribu

Pihaknya mengaku Kasih Ibu Hospital akan mempunyai alat swab test sendiri yang ditargetkan pada Rabu (14/10/2020) besok.

"Karena kita masih bekerjasama dengan yang lainnya pastinya belum bisa swab test PCR dikenakan tarif sesuai surat edaran. Tetapi nanti jika alatnya sudah kita miliki sendiri bisa dengan biaya Rp 900 ribu. Kami berusaha mencari jalan keluar," sambungnya.

Sementara, biaya swab test di beberapa rumah sakit dan klinik di Denpasar dan sekitarnya yang sudah sesuai dengan surat edaran Kementerian Kesehatan tentang Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) adalah Rp 900 ribu sebagai berikut.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Noviana Windri Rahmawati
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved