Sebanyak 747 Tenaga Kesehatan di Bali Terpapar Covid-19, 5 Dokter Meninggal

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Ketut Suarjaya mengatakan banyak tenaga kesehatan di Bali yang telah terpapar Covid-19.

Tribun Bali/Noviana
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Ketut Suarjaya 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Tidak hanya masyarakat, tenaga kesehatan juga menjadi golongan paling rentan terpapar virus Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Ketut Suarjaya mengatakan banyak tenaga kesehatan di Bali yang telah terpapar Covid-19.

Berdasarkan data Bidang P2P Dinkes Bali, hingga saat ini tenaga kesehatan yang terpapar covid-19 sebanyak 747 orang.

Dengan rincian 116 orang dokter umum dan dokter spesialis, 544 orang perawat dan bidan, 87 orang tenaga kesehatan lainnya.

"Ini jumlahnya cukup besar. Anehnya ini hampir 80 persen yang terpapar covid-19 adalah nakes yang tidak berhadapan langsung dengan pasien Covid-19. Tetapi nakes yang melakukan tindakan secara tidak langsung," ungkapnya dalam FGD Virtual Tribun Bali, Rabu (11/11/2020) lalu.

Baca juga: Jawab Isu RS Sengaja Klaim Covid-19 kepada Pasien, Kadiskes Bali: Saya Jamin di Bali Tidak Ada

Yang dimaksdu melakukan tindakan secara tidak langsung sebagai contoh adalah nakes yang berada di poliklinik, IGD, atau saat bertugas di lapangan melakukan tracing.

Sedangkan 20 persen sisanya adalah nakes yang berhadapan langsung dengan pasien Covid-19.

"Memang benar ada 5 dokter yang meninggal. Tetapi dokter yang meninggal itu sebenarnya tidak menangani pasien Covid-19 secara langsung. Tetapi mereka terpapar secara tidak langsung ya," imbuhnya.

Jumlah tenaga kesehatan yang menangani Covid-19 berdasarkan data yang dihimpun dari Bidang SDK Dinas Kesehatan Provinsi Bali di 58 RS di Bali sebagai berikut.

Baca juga: Gojek Gelar Kreasi Pewarta Anak Bangsa (KPAB) 2020, Ini Daftar Pemenang

Total keseluruhan adalah 3160 orang dengan rincian tenaga medis (dokter spesialis dan umum) sebanyak 681 orang, keperawatan & bidan sebanyak 1907 orang, lain-lain (apoteker, analis, rekam medik, dll) sebanyak 572 orang.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved