pari

Virtual Tour di Museum Nasional Indonesia, Penunjang Pariwisata Berkelanjutan

Pariwisata berkelanjutan menurut United Nation World Tourism Organization (UNWTO)

Editor: Dwisuputra
Istimewa
Virtual Tour Di Museum Nasional Indonesia - Sumber: https://www.museumnasional.or.id/virtual-tour 

Penulis : Tiurida Lily Anita

TRIBUN-BALI.COM - Pariwisata berkelanjutan menurut United Nation World Tourism Organization (UNWTO) adalah pariwisata yang memperhitungkan penuh dampak ekonomi, sosial dan lingkungan saat ini dan masa depan untuk memenuhi kebutuhaan pengunjung, industri, lingkungan dan masyarakat setempat.

Sehubungan dengan pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung banyak kegiatan pariwisata menjadi berhenti.

Sehingga, banyak industri yang berhubungan dengan kepariwisataan harus memiliki strategi baru untuk tetap mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke berbagai lokasi wisata yang ada, terutama area Jakarta.

Museum adalah salah satu tempat tujuan wisata yang banyak diminati masyarakat.

Baca juga: Update Covid-19 Bali 14 November, Kasus Positif Bertambah 48, Sembuh 61, Meninggal Nihil

Baca juga: Gojek Gelar Kreasi Pewarta Anak Bangsa (KPAB) 2020, Ini Daftar Pemenang

Baca juga: Peringati Hari Kesehatan Nasional, Puskesmas 3 Densel Bagikan Ribuan Masker

Agar tetap dapat memfasilitasi kebutuhan masyarakat untuk berwisata dengan aman, museum membenahi strategi operasionalnya dengan membuat suatu program wisata melalui layanan Virtual Tour.

Virtual tour adalah salah satu cara pengelola museum untuk menghadirkan kembali museum di tengah warga sebagai tempat rekreasi yang sarat edukasi dan nilai sejarah, serta memberikan hiburan yang menyenangkan.

Program Virtual Tour ini sendiri bermanfaat untuk tetap mempertahankan jumlah pengunjung yang datang ke Museum Nasional, serta tetap menghadirkan museum bagi masyarakat umum walau dilakukan secara tidak langsung.

Kehadiran program Virtual Tour ini tentu saja mendukung perkembangan wisata berkelanjutan, karena memenuhi prinsip-prinsip wisata berkelanjutan dengan pendekatan 4A, yaitu attraction, accessibility, amenity, dan ancilliary.

Attraction

Museum nasional memiliki koleksi berbagai benda-benda bukti materiil hasil budaya manusia serta alam dan lingkungannya berjumlah 140.000 benda, terdiri atas 7 jenis koleksi yaitu: koleksi dibidang Arkeologi, Etnografi, Geografi, keramik, Numesmatik, Heladrik, dan prasejarah.

Accessibility

Dengan Virtual Tour, masyarakat dapat dengan mudah meng-akses program ini langsung. Dengan membuka Website Museum Nasional di alamat situs https://www.museumnasional.or.id/virtual-tour, dan tinggal menekan tombol Virtual Tour yang ada di halaman depan situs ini (Start Virtual Tour).

Amenity

Amenity atau fasilitas yang ada dalam program Virtual Tour ini cukup lengkap. Beberapa pilihan menu dalam program ini yang dapat menampilkan profile visual Monumen nasional, Panorama List, Location, Floor Plan, dan Museum Collection.

Pada Virtual Tour ini, disediakan kursor yang dapat digunakan pengunjung untuk memilih mau menikmati fasilitas apa saja, dengan tampilan kamera 360° (360 derajat) yang dengan jelas memperlihatkan suasana ruang serta koleksi museum.

Selain itu, disediakan juga menu untuk menjelaskan nama benda koleksi serta sejarah yang menyertainya.

Ancillary

Museum Nasional banyak mengadakan kegiatan bersama masyarakat mulai dari edukasi untuk anak usia pra-sekolah hingga usia sekolah, masyarakat peneliti, pelaku wisata dan penggemar museum.

Museum nasional juga bekerjasama dengan para seniman dan penggiat seni serta memfasilitasi mereka untuk mengadakan pameran-pameran di museum ini.

Dengan penjelasan ini diharapkan wisata museum melalui layanan Virtual Tour dapat menjadi salah satu penunjang wisata berkelanjutan di Indonesia.

(*)

Penulis : Tiurida Lily Anita

(Penulis adalah mahasiswi pada program Doktor Ilmu Ekonomi Konsentrasi Service Management, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trisakti Jakarta)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
676 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved