Konferensi Nasional Perayaan HUT Ke-12, ITLA Bawa Misi Pendidikan Pariwisata Berbasis Kompetensi

Dalam rangka memperingati HUT ke-12, Indonesia Tour Leader Associtation (ITLA) menggelar 'Konferensi Nasional Perayaan HUT ITLA Ke-12', 10 April 2021.

Penulis: Noviana Windri Rahmawati
Editor: Noviana Windri Rahmawati
Tribun Bali/Noviana Windri
Dalam rangka memperingati HUT ke-12, Indonesia Tour Leader Associtation (ITLA) menggelar 'Konferensi Nasional Perayaan HUT ITLA Ke-12', Sabtu 10 April 2021. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Noviana Windri Rahmawati

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Dalam rangka memperingati HUT ke-12, Indonesia Tour Leader Associtation (ITLA) menggelar 'Konferensi Nasional Perayaan HUT ITLA Ke-12', Sabtu 10 April 2021.

Menparekraf Sandiaga Uno secara khusus memberikan ucapan selamat HUT ke-12 kepada ITLA dan berharap ITLA bisa memberikan kontribusi bagi kemajuan sektor pariwisata Indonesia.

"Dampak pandemi Covid-19 memang berat. Terdapat 34 juta pekerja pariwisata yang terdampak, termasuk tour leader. Namun kita harus tetap optimis untuk bangkit. Saya mengajak pelaku pariwisata untuk bangkit dan menciptakan peluang baru dan kapasitas diri," ungkapnya.

Menurutnya, salah satu cara meningkatkan kapasitas diri adalah dengan melihan perubahan tren pariwisata, salah satunya adalah pembangunan pariwisata berkelanjutan.

Sementara, Ketua Umum ITLA, Tetty DS Ariyanto menuturkan pandemic Covid-19 membuat pariwisata dunia tiarap dan mengakibatkan para pekerja pariwisata terkena dampaknya.

Baca juga: Kasih Ibu Hospital Rayakan HUT ke-33 di Tengah Pandemi, Syukuran dan Lomba Dilaksanakan Virtual

Baca juga: Peringati HUT RI, Mangsi Grill Master Gelar Mangsi Eating Competition

Baca juga: Rayakan HUT Ke-3, Lapas Perempuan Denpasar Gelar Penandatanganan Perjanjian Kerjasama

ITLA sebagai tour leader dimana memiliki tanggung jawab atas para tamu yang harus terlayani dengan baik, merasa aman, dan selamat.

“Ketika covid-19 terjadi, adaptasi para tour leader berubah menjadi 360 derajat. Maka dalam ulang tahun ini kami ingin share tentang pengalaman itu, terutama dunia pendidikan. Bagaimana beradaptasi dan bagaimana kesiapan menghadapi tempaan-tempaan ini. Dan kedepan wajah customer kita tidak seperti saat sebelum covid-19. Kita harus lebih bagus, detail, dan unggul. Mudah-mudahan bisa menginspirasi seluruh dan calon pekerja pariwisata,” harapnya.

Konferensi  Nasional  HUT ITLA Ke-12 terbagi menjadi empat sesi.

Sesi pertama mengusung topik 'ITLA dan Dunia Pendidikan Pariwisata  Berbasis Kompetensi' dengan narasumber Kaprodi UPW STIEPAR Yapari Bandung, Ketua Jurusan Perjalanan STP Bandung, Dekan Fakultas Komunikasi & Dakwah UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved