Mengurangi Penggunaan Kertas, RSUD Klungkung Mulai Terapkan Sistem RME dan Sim-onTa

RSUD Klungkung mulai menerapkan Rekam Medis Elektronik (RME) dan Sistem Informasi Medis on Tablet (Sim-onTa).

Editor: Karsiani Putri
Eka Mita Suputra
Pengenalan sistem Rekam Medis Elektronik (RME) dan Sistem Informasi Medis on Tablet (Sim-onTa) di RSUD Klungkung.  

TRIBUN-BALI.COM,SEMARAPURA- RSUD Klungkung mulai menerapkan Rekam Medis Elektronik (RME) dan Sistem Informasi Medis on Tablet (Sim-onTa).

Selain untuk mengurangi penggunaan kertas, sistem ini juga dirancang untuk mempermudah kerja dari para dokter spesialis dalam melayani pasien.

Direktur RSUD Klungkung Nyoman Kesuma menjelaskan, kebutuhan sistem informasi pada rumah sakit telah ditetapkan sebagai suatu kewajiban yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009, pada pasal 52 ayat 1  dinyatakan bahwa setiap rumah sakit wajib melakukan pencatatan pelaporan tentang semua kegiatan penyelenggaraan rumah sakit dalam bentuk sistem informasi manajemen rumah sakit.

Dengan sistem tersebut, penggunaan kertas dalam di rumah sakit dapat dikurangi.

Selain itu, para dokter spesialis  tidak lagi kesulitan untuk mendapatkan jejak rekam medis pasien, tidak lagi memerlukan tempat yang sangat luas untuk menyimpan rekam medis.

Serta terpenting dokter nantinya bisa menjawab konsul, melihat laporan dan mengambil keputusan dari mana saja asal ada jaringan internet.

"Dengan sistem informasi medis on tablet, sarana informasi medis daoat diakses langsung oleh dokter penanggung jawab pelayanan melalui komputer tablet.  Sehingga permintaan informasi dapat bersifat mobile dan dapat diakses dan diberikan setiap saat," ujar Kesuma, Minggu 26 September 2021. 

Dalam menjalankan sistem ini, pihak RSUD Klungkung telah melakukan pengadaan komputer tablet untuk diberikan kepada para dokter spesialis.

Sementara Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta berharap, dengan sistem ini RSUD Klungkung bisa menuju paperless atau meminimalisir penggunaan kertas. 

Baca juga: Dua Wasit Sepak Bola Buleleng Ditugaskan Dalam PON XX Papua 2021

“Dokter, perawat dan Pegawai RSUD Klungkung harus mengikuti perkembangan teknologi guna memberikan layanan lebih baik kepada masyarakat,” ajak Suwirta. 

(*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved