Puluhan Penyandang Disabilitas di Bangli Dapat Bantuan Usaha Dari Kemensos RI

Puluhan penyandang disabilitas sensorik rungu wicara di Bangli mendapatkan bantuan usaha dari Kemensos RI.

Editor: Karsiani Putri
Istimewa
Penyerahan bantuan usaha bagi para penyandang disabilitas pada Jumat, 26 November 2021 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Puluhan penyandang disabilitas sensorik rungu wicara di Bangli mendapatkan bantuan usaha dari Kemensos RI.

Bantuan tersebut diserahkan langsung pada hari Jumat, 26 November 2021.

Kepala Dinas Sosial Bangli, I Wayan Karmawan mengungkapkan, bantuan ini merupakan kerja sama antara Dinas Sosial Kabupaten Bangli dengan Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas sensorik Rungu Wicara “EFATA” Kupang, melalui usulan kepada Kementerian Sosial yang ditujukan kepada EFATA untuk bisa membantu warga masyarakat Kabupaten Bangli yang menyandang disabilitas dan akhirnya bisa terpenuhi. 

Bantuan yang diberikan ada berbagai jenis.

Antara lain bantuan usaha ternak babi, usaha salon kecantikan, usaha kios, usaha pertukangan, usaha perbengkelan dan pemenuhan hidup layak.

"Bantuan ini diberikan kepada 55 orang penyandang disabilitas rungu wicara yang mempunyai usaha," ucapnya.

Karmawan menambahkan dengan disalurkannya bantuan ini, pihaknya berharap mampu menunjang usaha di masing-masing bidang.

Kendati bantuan yang diterima terbatas.  

Baca juga: Longsor Terjadi di Badingkayu dan Tutup Akses Jalan 

Penyuluh Sosial EFATA Kupang, Zem Kase mengatakan sesuai pemetaan pada bulan Agustus 2021, terdapat 55 orang warga penyandang disabilitas rungu wicara di empat Kecamatan di Kabupaten Bangli yang hari ini siap menerima bantuan sosial dari Kementerian Sosial.

Dalam hal ini, lanjutnya, bantuan diserahkan oleh UPT Kementerian Sosial Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara Ikatan Kupang.

"Semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat penyandang disabilitas sensorik rungu wicara serta bisa berusaha dan menambah kepercayaan dirinya," harapnya.

Sementara Wakil Bupati Bangli Wayan Diar dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Kementerian Sosial, UPT Kementerian Sosial Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara ikatan Kupang, serta kepada Dinas Sosial Kabupaten Bangli.

Sebab atas kerjasama yang sudah dilakukan dengan baik, masyarakat Kabupaten Bangli, terutama para penyandang disabilitas bisa mendapat bantuan usaha.

"Kepada warga penyandang disabilitas agar tetap semangat dalam menjalani kehidupan. Semoga bantuan usaha ini dapat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Astungkara Pemerintah Kabupaten Bangli selalu bisa bersinergi untuk membantu masyarakat Kabupaten Bangli demi mewujudkan  Bangli Era Baru," tandasnya. 

(*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
876 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved