Simak Alasan Mengapa Tidak Boleh Tidur di Dekat Hp

Jika selama ini Anda biasa tertidur saat sedang menggunakan ponsel atau handphone (HP), ketahuilah bahwa ada beberapa alasan kenapa kita tidak boleh t

Editor: Karsiani Putri
Istimewa
ILUSTRASI- Seorang pria yang tengah bermain Hp 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Jika selama ini Anda biasa tertidur saat sedang menggunakan ponsel atau handphone (HP), ketahuilah bahwa ada beberapa alasan kenapa kita tidak boleh tidur dekat HP.

Kebiasaan tidur dengan HP di sebelah kita ternyata berdampak buruk bagi kesehatan.

Efeknya mungkin tidak langsung dirasakan, namun jika kebiasaan ini dilakukan secara konsisten selama bertahun-tahun kita mungkin akan mulai merasakan dampak buruknya.

Adapun beberapa aktivitas dengan HP yang biasa dilakukan sebelum tidur termasuk menelepon, berkirim pesan, berselancar di internet, mengakses media sosial, merespons email, dan lainnya.

Mengetahui alasan kenapa tidak boleh tidur dekat HP bisa membantu kita berupaya menghindari kebiasaan buruk yang mungkin selama ini dilakukan sekaligus meningkatkan kualitas tidur.

Kenapa tidak boleh tidur dekat hp

Berikut beberapa alasan kenapa tidak boleh tidur dekat hp yang perlu kita perhatikan:

  • Potensi tumor otak

Salah satu alasan kenapa tidak boleh tidur dekat HP yang populer di masyarakat adalah karena potensi radiasi elektromagnetik yang menyebabkan tumor otak, terutama jika HP dipegang atau ditaruh tepat di sisi kepala.

Melansir Verywell Health, medan elektromagnetik yang dihasilkan dari HP memang diklasifikasikan oleh Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) sebagai kemungkinan karsinogenik bagi manusia, meskipun tidak ada penelitian yang menunjukkan hubungan itu.

Secara umum, menurut Health, HP mengeluarkan radiasi elektromagnetik dengan dosis kecil, sehingga sebetulnya masih sangat aman.

Adapun radiasi elektromagnetik juga dipancarkan dari sinar-X dan gelombang mikro, yang dapat menyebabkan pertumbuhan tumor pada paparan dalam jumlah tinggi.

Mengutip Express, Cancer Research UK juga mengatakan bahwa potensi kanker karena tidur dekat dengan HP cenderung tidak terjadi.

Baca juga: RTH Bung Karno Mulai Diserahterimakan, 2 Event Ditargetkan Akan Diselenggarakan Setiap Bulannya

Baca juga: Ketahui Sejarah & Tema Hari Relawan Internasional 2021

Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mendalami hal ini.

Terutama karena HP termasuk bagian dari teknologi baru yang risetnya masih terus dilakukan dari waktu ke waktu.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terus melakukan penilaian risiko formal, sementara Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengatakan bobot bukti ilmiah yang ada tidak menunjukkan adanya hubungan antara tidur dekat HP dengan potensi kesehatan yang merugikan.

Meski begitu, jika masih khawatir dengan potensi tumor otak ketika tidur dengan HP di sebelah kita, berhentilah mengaksesnya jelang waktu tidur dan letakkan HP di atas meja yang jauh dari tempat tidur. 

  • Sulit Tidur


Meletakkan HP di sebelah kita saat hendak pergi tidur membuat kita cenderung lebih mudah tergoda untuk melihatnya kembali, terutama jika kita sulit memejamkan mata.

Ini menjadi salah satu alasan kenapa tidak boleh tidur dekat HP.

Ponsel, televisi, dan gawai lain dengan layar LED mengeluarkan cahaya biru.

Penelitian mengungkapkan bahwa cahaya biru dapat menghambat produksi melatonin, hormon pemicu tidur dan mengganggu ritme sirkadian kita.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
884 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved